25 Februari 2009

RPP KELAS 7 SEMESTER 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


 


 

Sekolah    :    SMP [Nama Sekolah]

Mata Pelajaran    :    Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester    :    VII / 2


 


 

Standar Kompetensi    : 3. Mempraktikkan keterampilan dasar komputer


 

Kompetensi Dasar : 3.1 Mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer


 

Indikator    :    

  1. Menyebutkan perangkat keras yang ada di chassing komputer
  2. Menjelaskan fungsi dari perangkat yang ada di chassing
  3. Menyebutkan perangkat input-output
  4. Menjelaskan fungsi perangkat input-output
  5. Menyebutkan perangkat jaringan dan internet
  6. Menjelaskan fungsi perangkat jaringan dan Internet.


 

Alokasi Waktu    :    10 jam pelajaran (5 x pertemuan)


 

  1. Tujuan Pembelajaran
    1. Siswa mengenal perangkat-perangkat keras yang terdapat dalam sebuah komputer.
    2. Siswa memahami fungsi sebuah perangkat.
    3. Siswa memahami dasar pertimbangan sebuah perangkat keras.
    4. Siswa mengenal perangkat input-output sebuah komputer.
    5. Siswa memahami fungsi sebuah perangkat input-output.
    6. Siswa mengenal perangkat-perangkat jaringan dan Internet
    7. Siswa memahami fungsi masing-masing perangkat jaringan dan Internet.
    8. Siswa memahami dasar pertimbangan pemilihan sebuah perangkat jaringan dan Internet.


     

  2. Materi Pembelajaran
    1. Perangkat keras di chassis
    2. Perangkat input-output
    3. Perangkat jaringan dan Internet


 

  1. Metode Pembelajaran
  • Model Pembelajaran    :    Pembelajaran Langsung (D.J.)

        Pembelajaran Kooperatif (C.L.)

  • Metode    :    Diskusi Kelompok

        Demonstrasi

        Game

        Debat

        

  1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
    1. Pertemuan Pertama
      1. Kegiatan Pendahuluan
        1. Guru menunjukkan sebuah perangkat yang ada di chassing komputer (dapat dilakukan dengan memcabut perangkat dan dapat juga ditunjukkan saat masih terpasang).
        2. Guru bertanya apa nama perangkat keras tersebut dan apa gunanya.


         

      2. Kegiatan Inti
        1. Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan atau tanya jawab tentang perangkat keras yang ada di chassing komputer.
        2. Guru mengorganisasikan peserta didik dalam kelompok-kelompok sesuai dengan jumlah peralatan keras yang ada.
        3. Masing-masing kelompok diundi untuk mendapatkan satu buah peralatan keras yang harus didiskusikan.
        4. Masing-masing kelompok diberi nilai 100.
        5. Secara berurutan setiap kelompok melempar pertanyaan seputar perangkat keras tertentu ke kelompok tertentu.
        6. Jika pertanyaan tidak dapat dijawab, maka kelompok tersebut harus menyerahkan nilainya 10. Jika pertanyaan dapat dijawab, maka sipenanya harus menyerahkan nilainya 10.
        7. Kelompok dengan nilai nol atau minus tidak boleh lagi bertanya.
        8. Kelompok dengan nilai terbanyak adalah pemenang.
        9. Guru bertanggung jawab untuk menjawab jika ada pertanyaan yang tidak dapat dijawab.


         

      3. Kegiatan penutup
        1. Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan.
        2. Guru memberikan pengembangan konsep
        3. Guru membimbing siswa membuat rangkuman hasil pembelajaran
        4. Guru memberikan penghargaan pada kelompok terbaik
        5. Guru memberikan tugas

        Setiap siswa harus membuat kliping dari media cetak seputar perangkat keras yang terbaru, teknologi apa yang digunakan dan apa kelebihanya.


         

    2. Pertemuan Kedua
  • Kegiatan Pendahuluan
  1. Guru bertanya apa saja perangkat-perangkat keras yang baru keluar dan teknologi apa yang digunakan.
  2. Guru memintas siswa untuk mengumpulkan tugas-tugas.


 

  • Kegiatan Inti
  1. Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui tanya jawab tentang perangkat-perangkat keras terbaru.
  2. Masing-masing siswa diminta menceritakan sebuah teknologi baru dari kliping yang sudah dibuat secara bergiliran. Point yang harus ditekankan adalah, kegunaan peralatan, teknologi baru yang digunakan, dan manfaat atau kelebihannya dari peralatan yang sudah ada.
  3. Guru memberi komentar terhadap peralatan TIK yang diceritakan oleh siswa.


 

  • Kegiatan penutup
  1. Guru bersama peserta didik melakukan diskusi kelas untuk menarik kesimpulan tentang perangkat keras terbaru.
  2. Guru memberikan pengembangan konsep
  3. Guru membimbing siswa untuk merangkum hasil pembelajaran.


 

  1. Pertemuan Ketiga
  • Kegiatan Pendahuluan
  1. Guru bertanya apa perangkat saja Input-Output komputer yang ada saat ini.
  2. Guru bertanya siapa siswa yang pernah mencoba untuk menghubungkan perangkat-perangkat tersebut ke komputer.


 

  • Kegiatan Inti
  1. Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengalaman dan pengetahuan awal peserta didik melalui tanya jawab tentang perangkat Input-Output.
  2. Guru membagi siswa dalam kelompok sesuai jumlah perangkat input-output.
  3. Masing-masing kelompok untuk mendapatkan setiap perangkat input output untuk didiskusikan.
  4. Masing-masing kelompok melakukan mendiskusikan seputar topik berikut ini:
  • Apa fungsi perangkat tersebut?
  • Merek-merek apa yang terkenal di pasaran? Mengapa?
  • Jika ingin membeli, apa yang harus dipertimbangkan, mengapa?
  1. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi.
  2. Guru mengomentari presentasi siswa dan menekankan point-point penting.


 

  • Kegiatan penutup
  1. Guru bersama peserta didik melakukan diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.
  2. Guru memberikan pengembangan konsep
  3. Guru membimbing peserta didik merangkum hasil pembelajaran
  4. Guru memberikan tugas:

Siswa ditugaskan untuk mencari kliping perangkat input-output terbaru yang ada dipasaran, teknologi apa yang digunakan, kelebihan, harga dan sebagainya.


 

  1. Pertemuan Keempat
  1. Kegiatan Pendahuluan
    1. Guru mengumpulkan tugas siswa.
    2. Guru membahas hasil-hasil kliping yang memuat perangkat input output terbaru di pasaran.
    3. Guru bertanya apakah siswa pernah melihat komputer yang terhubung dalam jaringan atau Internet.
    4. Guru bertanya apakah siswa pernah melihat orang duduk di Mall sambil membuka laptop dan bermain Internet. Bagaiman laptop bisa terhubung ke internet di Mall padahal tidak ada kabel penghubung.
    5. Guru bertanya jika ingin menghubungkan komputer dalam jaringan dan Internet apa saja yang dibutuhkan.


     

  2. Kegiatan Inti
    1. Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengalaman dan pengetahuan awal peserta didik melalui tanya jawab tentang perangkat jaringan dan Internet.
    2. Guru membagi siswa dalam kelompok
    3. Masing-masing kelompok untuk mendapatkan setiap perangkat jaringan dan Internet (dua kelompok berbeda dapat membahas perangkat yang sama jika jumlah kelompok banyak).
    4. Masing-masing kelompok melakukan mendiskusikan seputar topik berikut ini:
  • Bagaimana laptop bisa terhubung ke Internet di Mall. Apa saja perangkat yang dimilikinya?
  • Jika kita membawa PC ke Mall, apakah kita bisa juga terhubung ke Internet? Apa perangkat yang kita butuhkan.
  • Apa fungsi perangkat tersebut?
  • Merek-merek apa yang terkenal di pasaran? Mengapa?
  • Jika ingin membeli, apa yang harus dipertimbangkan, mengapa?
  1. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi.
  2. Guru mengomentari presentasi siswa dan menekankan point-point penting.


 

  1. Kegiatan penutup
    1. Guru bersama peserta didik melakukan diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.
    2. Guru memberikan pengembangan konsep
    3. Guru membimbing peserta didik merangkum hasil pembelajaran


     

    1. Pertemuan Kelima
  2. Kegiatan Pendahuluan
    1. Guru bertanya seandainya kita ingin membeli sebuah komputer, apa saja spesifikasi yang harus ditentukan.
    2. Apa saja perangkat yang harus dibeli.


     

  3. Kegiatan Inti
  • Guru membagikan/menunjukkan kertas yang berisi gambar-gambar perangkat keras komputer (chassing, input-output, jaringan dan Internet).
  • Siswa diminta untuk menentukan gambar apakah gambar tersebut dan menuliskan fungsinya apa?
  • Guru mengomentari pekerjaan siswa, dan menentukan jawaban. Bagaimana mengenali gambar-gambar perangkat keras komputer (misalnya, untuk VGA Card dan LAN Card, kita dapat bedakan dari plug yang ada di kartu tersebut).
  • Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok.
  • Dilakukan debat antar kelompok:
    • Jika ingin membeli komputer, mana yang harus dipilih, spesifikasi tinggi dan hasilnya komputer yang canggih walau dengan harga mahal atau spesifikasi rendah harga murah tetapi kemampuan lebih rendah.


 

  • Guru mengambil kesimpulan dan memberi poin penekanan.


 

  1. Kegiatan penutup
    1. Guru bersama peserta didik melakukan diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.
    2. Guru memberikan pengembangan konsep
    3. Guru membimbing peserta didik merangkum hasil pembelajaran


 

  1. Sumber Belajar
    1. Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi jilid 1 untuk Kelas VII, Henry Pandia, Penerbit Erlangga, Jakarta 2007.


 

  1. Penilaian Hasil Belajar
    1. Teknik penilaian
      1. Tes tertulis
      2. Keaktifan saat diskusi dan debat
    2. Bentuk instrumen
      1. PG dan isian singkat
      2. Daftar penilaian diskusi/debat


 


 


 


 

Kompetensi Dasar : 3.2 Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi

3.3 Memahami kegunaan dari beberapa program aplikasi

Indikator    :

  1. Mengindentifikasi bagian-bagian jendela perangkat lunak pengolah kata
  2. Mengindentifikasi bagian-bagian jendela perangkat lunak pengolah angka
  3. Mengindentifikasi bagian-bagian jendela perangkat lunak presentasi
  4. Mengindentifikasi bagian-bagian jendela perangkat lunak antivirus    
  5. Menjelaskan kegunaan perangkat lunak pengolah kata
  6. Menjelaskan kegunaan perangkat lunak pengolah angka
  7. Menjelaskan kegunaan perangkat lunak presentasi
  8. Menjelaskan kegunaan perangkat lunak antivirus

Alokasi Waktu    :    8 jam pelajaran (4 x pertemuan)


 

  1. Tujuan Pembelajaran
    1. Siswa mengenal berbagai perangkat lunak pengolah kata
    2. Siswa mengenal bagian-bagian jendela Word dan fungsi-fungsinya.
    3. Siswa mengenal berbagai perangkat lunak pengolah angka
    4. Siswa mengenal bagian-bagian jendela Excel dan fungsi-fungsinya.
    5. Siswa mengenal berbagai perangkat lunak presentasi
    6. Siswa mengenal bagian-bagian jendela PowerPoint dan fungsi-fungsinya.
    7. Siswa mengenal dan memahami apa yang dimaksud dengan perangkat lunak antivirus
    8. Siswa memahami fungsi dari perangkat lunak antivirus.
    9. Siswa mampu menginstal antivirus.


     

  2. Materi Pembelajaran
    1. Perangkat lunak pengolah kata
    2. Perangkat lunak pengolah angkat
    3. Perangkat lunak presentasi
    4. Perangkat lunak antivirus


 

  1. Metode Pembelajaran
    1. Model Pembelajaran    :    Pembelajaran Langsung (D.J.)

            Pembelajaran Kooperatif (C.L.)

    1. Metode    :    Diskusi Kelompok

            Demonstrasi


 

  1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
    1. Pertemuan Pertama
      1. Kegiatan Pendahuluan
        1. Guru menunjukkan beberapa contoh dokumen Word dan Excel
        2. Guru bertanya, bagaimana membuat dokument tersebut dan apa perangkat lunak yang dibutuhkan


         

      2. Kegiatan Inti
        1. Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan atau tanya jawab tentang perangkat lunak pengolah kata dan angka.
        2. Guru mendemonstrasikan bagaimana menggunakan Word untuk membuat dokumen. Menunjukkan beberapa fasilitas yang ada.
        3. Guru mendemonstrasikan bagaimana menggunakan Excel untuk membuat dokumen. Menunjukkan beberapa fasilitas yang ada.
        4. Siswa dibagi dalam kelompok.
        5. Siswa mendiskusikan topik-topik berikut ini:
  • Perangkat lunak pengolah kata dan angka yang ada saat ini
  • Kelebihan/fasilitas yang dimiliki oleh masing-masing perangkat lunak pengolah kata dan angka tersebut.
  • Mengapa fasilitas tersebut dianggap penting.
  • Apa yang harus menjadi pertimbangan untuk memilih sebuah perangkat lunak pengolah kata dan angka.
  1. Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok.


 

  1. Kegiatan penutup
    1. Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan untuk keseluruhan diskusi yang sudah dilakukan.
    2. Guru memberikan pengembangan konsep
    3. Guru membimbing siswa membuat rangkuman hasil pembelajaran
    4. Guru memberikan penghargaan pada kelompok terbaik


     

  1. Pertemuan Kedua
    1. Kegiatan Pendahuluan
      1. Guru menunjukkan beberapa contoh dokumen presentasi.
      2. Guru bertanya, bagaimana membuat dokument tersebut dan apa perangkat lunak yang dibutuhkan


       

    2. Kegiatan Inti
  • Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan atau tanya jawab tentang perangkat lunak presentasi.
  • Guru mendemonstrasikan bagaimana menggunakan PowerPoint untuk membuat dokumen. Menunjukkan beberapa fasilitas yang ada.
  • Siswa dibagi dalam kelompok.
  • Siswa mendiskusikan topik-topik berikut ini:
    • Perangkat lunak pengolah presentasi yang ada saat ini
    • Kelebihan/fasilitas yang dimiliki oleh masing-masing perangkat lunak pengolah presentasi tersebut.
    • Mengapa fasilitas tersebut dianggap penting.
    • Apa yang harus menjadi pertimbangan untuk memilih sebuah perangkat lunak presentasi.
  • Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok.
  • Guru kemudian membaca artikel atau berita seputar virus komputer.
  • Guru menanyakan apakah siswa pernah melihat komputer yang terkena virus.
  • Guru kemudian menunjukkan cara menginstal dan menggunakan perangkat lunak antivirus.
  • Guru memimpin diskusi seputar antivirus:
    • Cara kerja
    • Macam-macam antivirus
    • Mengapa harus perlu diupdate.


 

  1. Kegiatan penutup
    1. Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan untuk keseluruhan diskusi yang sudah dilakukan.
    2. Guru memberikan pengembangan konsep
    3. Guru membimbing siswa membuat rangkuman hasil pembelajaran


 

  1. Pertemuan Ketiga
    1. Kegiatan Pendahuluan
      1. Guru menunjukkan sebuah gambar jendela Word dan Excel, dan bertanya, apa saja bagian-bagian jendela Word dan Excel.


       

    2. Kegiatan Inti
      1. Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui tanya jawab tentang jendela Word dan Excel.
      2. Guru membagi siswa dalam kelompok dua atau tiga orang.
      3. Masing-masing kelompok diberi kertas yang berisi gambar jendela Word dan Excel (File 101).
      4. Setiap kelompok diberi satu komputer.
      5. Setiap kelompok diminta untuk menentukan nama tombol-tombol dan bagian-bagian Word dan Excel. Membuat daftar perintah yang ada disetiap menu dan fungsi perintah tersebut.
      6. Kelompok dengan hasil paling banyak adalah yang terbaik.
      7. Guru memeriksa hasil pekerjaan siswa.


       

    3. Kegiatan penutup
      1. Guru memberikan kesimpulan.
      2. Guru memberikan pengembangan konsep
      3. Guru membimbing siswa untuk merangkum hasil pembelajaran


       

  2. Pertemuan Keempat
    1. Kegiatan Pendahuluan
      1. Guru menunjukkan sebuah gambar jendela PowerPoint dan Antivirus, dan bertanya, apa saja bagian-bagian jendela PowerPoint dan Antivirus.


       

    2. Kegiatan Inti
      1. Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui tanya jawab tentang jendela PowerPoint dan Antivirus.
      2. Guru membagi siswa dalam kelompok dua atau tiga orang.
      3. Masing-masing kelompok diberi kertas yang berisi gambar jendela PowerPoint dan Antivirus (File 102).
      4. Setiap kelompok diberi satu komputer.
      5. Setiap kelompok diminta untuk menentukan nama tombol-tombol dan bagian-bagian PowerPoint dan Antivirus. Membuat daftar perintah yang ada disetiap menu dan fungsi perintah tersebut.
      6. Kelompok dengan hasil paling banyak adalah yang terbaik.
      7. Guru memeriksa hasil pekerjaan siswa.


       

    3. Kegiatan penutup
      1. Guru memberikan kesimpulan.
      2. Guru memberikan pengembangan konsep
      3. Guru membimbing siswa untuk merangkum hasil pembelajaran


 

  1. Sumber Belajar
    1. Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi jilid 1 untuk Kelas VII, Henry Pandia, Penerbit Erlangga, Jakarta 2007.


 

  1. Penilaian Hasil Belajar
    1. Teknik penilaian
      1. Tes tertulis
      2. Pengamatan kinerja
    2. Bentuk instrumen
      1. PG dan isian singkat
      2. Daftar penilaian keaktifan siswa


 

Kompetensi Dasar :     3.4 Mempraktikkan satu program aplikasi


 

Indikator    :    

  1. Menjalankan dan menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk membuat dokumen
  2. Menjalankan dan menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk membuat dokumen
  3. Menjalankan Windows Explorer untuk manajemen file


 

Alokasi Waktu    :    12 jam pelajaran (6 x pertemuan)


 

  1. Tujuan Pembelajaran
    1. Siswa mampu menjalankan dan membuat dokumen sederhana di Word.
    2. Siswa mampu menyimpan dokumen yang dibuat di Word.
    3. Siswa mampu menjalankan dan membuat dokumen sederhana di Excel.
    4. Siswa mampu memasukkan data di Excel dengan cara yang efisien.
    5. Siswa mampu menyimpan dokumen yang dibuat di Excel.
    6. Siswa mampu menggunakan Windows Explorer untuk manajemen file di komputer.
    7. Siswa mengenal dan mampu menjalankan teknik-teknik manajamen file.
    8. Siswa mampu mencari file tertentu.
    9. Siswa mampu mencari file yang mengandung kata tertentu


     

  2. Materi Pembelajaran
    1. Membuat dan menyimpan dokumen di Word
    2. Membuat dan menyimpan dokumen di Excel
    3. Manajemen file menggunakan Windows Explorer


 

  1. Metode Pembelajaran
    1. Model Pembelajaran    :    Pembelajaran Langsung (D.J.)

            Pembelajaran Kooperatif (C.L.)

    1. Metode    :    Demonstrasi

            Praktikum


 

  1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
    1. Pertemuan Pertama
      1. Kegiatan Pendahuluan
        1. Guru menunjukkan sebuah dokumen sederhana bagaimana cara membuat dokumen tersebut. Perangkat lunak apa yang perlu digunakan.


         

      2. Kegiatan Inti
        1. Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan atau tanya jawab tentang perangkat lunak pengolah kata.
        2. Guru menunjukkan dokumen sederhanya dan menyampaikan beberapa hal tentang dokumen tersebut. Pengaturan jenis huruf, ukuran huruf, bentuk huruf, paragraf, spasi dan margin.
        3. Guru mendemostrasikan cara menjalankan Word dan membuat serta menyimpan dokumen.
        4. Guru menjelaskan praktikum dan menunjukkan hasil dari praktikum.
        5. Siswa melakukan praktikum Modul 8.
        6. Siswa membagikan pengalaman praktikum.
        7. Guru memeriksa dan memberi komentar kinerja dan hasil praktikum.


         

      3. Kegiatan penutup
        1. Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan untuk praktikum yang sudah dilakukan.
        2. Guru memberikan pengembangan konsep
        3. Guru membimbing siswa membuat rangkuman hasil pembelajaran


         

    2. Pertemuan Kedua
      1. Kegiatan Pendahuluan
        1. Guru menunjukkan sebuah dokumen bagaimana cara membuat dokumen tersebut. Perangkat lunak apa yang perlu digunakan.
        2. Guru memberi komentar dan saran atas praktikum sebelumnya.


         

      2. Kegiatan Inti
        1. Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan atau tanya jawab tentang perangkat lunak pengolah kata.
        2. Guru menunjukkan dokumen sederhanya dan menyampaikan beberapa hal tentang dokumen tersebut. Pengaturan jenis huruf, ukuran huruf, bentuk huruf, paragraf, spasi dan margin.
        3. Guru menjelaskan praktikum.
        4. Siswa melakukan praktikum Modul 9.
        5. Siswa membagikan pengalaman praktikum.
        6. Guru memeriksa dan memberi komentar kinerja dan hasil praktikum.


         

      3. Kegiatan penutup
        1. Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan untuk praktikum yang sudah dilakukan.
        2. Guru memberikan pengembangan konsep
        3. Guru membimbing siswa membuat rangkuman hasil pembelajaran


         

    3. Pertemuan Ketiga
      1. Kegiatan Pendahuluan
        1. Guru menunjukkan sebuah dokumen sederhana (hasil Excel) bagaimana cara membuat dokumen tersebut. Perangkat lunak apa yang perlu digunakan.


         

      2. Kegiatan Inti
        1. Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan atau tanya jawab tentang perangkat lunak pengolah angka.
        2. Guru menunjukkan dokumen sederhanya dan menyampaikan beberapa hal tentang dokumen tersebut. Pemasukan data, perhitungan dan sebagainya.
        3. Guru mendemostrasikan cara menjalankan Excel dan memasukkan data serta menyimpan dokumen.
        4. Guru menjelaskan praktikum dan menunjukkan hasil dari praktikum.
        5. Siswa melakukan praktikum Modul 10.
        6. Siswa membagikan pengalaman praktikum.
        7. Guru memeriksa dan memberi komentar kinerja dan hasil praktikum.


         

      3. Kegiatan penutup
        1. Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan untuk praktikum yang sudah dilakukan.
        2. Guru memberikan pengembangan konsep
        3. Guru membimbing siswa membuat rangkuman hasil pembelajaran


         

    4. Pertemuan Keempat
      1. Kegiatan Pendahuluan
        1. Guru menunjukkan sebuah dokumen bagaimana cara membuat dokumen tersebut. Perangkat lunak apa yang perlu digunakan.
        2. Guru memberi komentar dan saran atas praktikum sebelumnya.


         

      2. Kegiatan Inti
        1. Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan atau tanya jawab tentang perangkat lunak pengolah angka.
        2. Guru menunjukkan dokumen sederhana dan menyampaikan beberapa hal tentang dokumen tersebut. Pemasukan data, perhitungan dan menyimpan dokumen.
        3. Guru menjelaskan praktikum.
        4. Siswa melakukan praktikum Modul 11.
        5. Siswa membagikan pengalaman praktikum.
        6. Guru memeriksa dan memberi komentar kinerja dan hasil praktikum.


         

      3. Kegiatan penutup
        1. Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan untuk praktikum yang sudah dilakukan.
        2. Guru memberikan pengembangan konsep
        3. Guru membimbing siswa membuat rangkuman hasil pembelajaran


         

    5. Pertemuan Kelima
      1. Kegiatan Pendahuluan
        1. Guru menunjukkan sebuah dokumen bagaimana cara membuat dokumen tersebut. Perangkat lunak apa yang perlu digunakan.
        2. Guru memberi komentar dan saran atas praktikum sebelumnya.


         

      2. Kegiatan Inti
        1. Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan atau tanya jawab tentang perangkat lunak pengolah angka.
        2. Guru menunjukkan dokumen sederhana dan menyampaikan beberapa hal tentang dokumen tersebut. Pemasukan data, perhitungan dan menyimpan dokumen.
        3. Guru menjelaskan praktikum.
        4. Siswa melakukan praktikum Modul 12.
        5. Siswa membagikan pengalaman praktikum.
        6. Guru memeriksa dan memberi komentar kinerja dan hasil praktikum.


         

      3. Kegiatan penutup
        1. Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan untuk praktikum yang sudah dilakukan.
        2. Guru memberikan pengembangan konsep
        3. Guru membimbing siswa membuat rangkuman hasil pembelajaran


     

    1. Pertemuan Keenam
      1. Kegiatan Pendahuluan
        1. Guru bertanya, apa yang terjadi jika kita lupa di folder mana kita menyimpan sebuah file.
        2. Apa yang harus dilakukan jika kita lupa nama filenya.


         

      2. Kegiatan Inti
        1. Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan atau tanya jawab tentang manajemen file.
        2. Guru menjelaskan bahwa semakin lama kita bekerja dengan komputer, semakin banyak file yang disimpan.
        3. Guru mendemostrasikan cara menjalankan Windows Explorer dan menggunakannya untuk mengatur file.
        4. Guru mendemostrasikan cara membuat, menghapus dan memindahkan folder.
        5. Guru mendemostrasikan cara mencari file.
        6. Guru menjelaskan praktikum.
        7. Siswa melakukan praktikum Modul 13.
        8. Siswa membagikan pengalaman praktikum.
        9. Guru memeriksa dan memberi komentar kinerja dan hasil praktikum.


         

      3. Kegiatan penutup
        1. Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan untuk praktikum yang sudah dilakukan.
        2. Guru memberikan pengembangan konsep
        3. Guru membimbing siswa membuat rangkuman hasil pembelajaran


     

  2. Sumber Belajar
    1. Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi jilid 1 untuk Kelas VII, Henry Pandia, Penerbit Erlangga, Jakarta 2007.


 

  1. Penilaian Hasil Belajar
    1. Teknik penilaian
      1. Tes tertulis
      2. Kinerja saat praktikum.
    2. Bentuk instrumen
      1. PG dan isian singkat
      2. Daftar penilaian saat diskusi


 

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

Text

  ©Template by Arifin