RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : SMP [Nama Sekolah]
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : VII / 2
Standar Kompetensi : 3. Mempraktikkan keterampilan dasar komputer
Kompetensi Dasar : 3.1 Mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer
Indikator :
Menyebutkan perangkat keras yang ada di chassing komputer
Menjelaskan fungsi dari perangkat yang ada di chassing
Menyebutkan perangkat input-output
Menjelaskan fungsi perangkat input-output
Menyebutkan perangkat jaringan dan internet
Menjelaskan fungsi perangkat jaringan dan Internet.
Alokasi Waktu : 10 jam pelajaran (5 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa mengenal perangkat-perangkat keras yang terdapat dalam sebuah komputer.
Siswa memahami fungsi sebuah perangkat.
Siswa memahami dasar pertimbangan sebuah perangkat keras.
Siswa mengenal perangkat input-output sebuah komputer.
Siswa memahami fungsi sebuah perangkat input-output.
Siswa mengenal perangkat-perangkat jaringan dan Internet
Siswa memahami fungsi masing-masing perangkat jaringan dan Internet.
Siswa memahami dasar pertimbangan pemilihan sebuah perangkat jaringan dan Internet.
Materi Pembelajaran
Perangkat keras di chassis
Perangkat input-output
- Perangkat jaringan dan Internet
Metode Pembelajaran
Pembelajaran Kooperatif (C.L.)
Demonstrasi
Game
Debat
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan Pendahuluan
Guru menunjukkan sebuah perangkat yang ada di chassing komputer (dapat dilakukan dengan memcabut perangkat dan dapat juga ditunjukkan saat masih terpasang).
Guru bertanya apa nama perangkat keras tersebut dan apa gunanya.
Kegiatan Inti
Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan atau tanya jawab tentang perangkat keras yang ada di chassing komputer.
Guru mengorganisasikan peserta didik dalam kelompok-kelompok sesuai dengan jumlah peralatan keras yang ada.
Masing-masing kelompok diundi untuk mendapatkan satu buah peralatan keras yang harus didiskusikan.
Masing-masing kelompok diberi nilai 100.
Secara berurutan setiap kelompok melempar pertanyaan seputar perangkat keras tertentu ke kelompok tertentu.
Jika pertanyaan tidak dapat dijawab, maka kelompok tersebut harus menyerahkan nilainya 10. Jika pertanyaan dapat dijawab, maka sipenanya harus menyerahkan nilainya 10.
Kelompok dengan nilai nol atau minus tidak boleh lagi bertanya.
Kelompok dengan nilai terbanyak adalah pemenang.
Guru bertanggung jawab untuk menjawab jika ada pertanyaan yang tidak dapat dijawab.
Kegiatan penutup
Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan.
Guru memberikan pengembangan konsep
Guru membimbing siswa membuat rangkuman hasil pembelajaran
Guru memberikan penghargaan pada kelompok terbaik
Guru memberikan tugas
Setiap siswa harus membuat kliping dari media cetak seputar perangkat keras yang terbaru, teknologi apa yang digunakan dan apa kelebihanya.
Pertemuan Kedua
Guru bertanya apa saja perangkat-perangkat keras yang baru keluar dan teknologi apa yang digunakan.
Guru memintas siswa untuk mengumpulkan tugas-tugas.
Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui tanya jawab tentang perangkat-perangkat keras terbaru.
Masing-masing siswa diminta menceritakan sebuah teknologi baru dari kliping yang sudah dibuat secara bergiliran. Point yang harus ditekankan adalah, kegunaan peralatan, teknologi baru yang digunakan, dan manfaat atau kelebihannya dari peralatan yang sudah ada.
Guru memberi komentar terhadap peralatan TIK yang diceritakan oleh siswa.
Guru bersama peserta didik melakukan diskusi kelas untuk menarik kesimpulan tentang perangkat keras terbaru.
Guru memberikan pengembangan konsep
Guru membimbing siswa untuk merangkum hasil pembelajaran.
Pertemuan Ketiga
Guru bertanya apa perangkat saja Input-Output komputer yang ada saat ini.
Guru bertanya siapa siswa yang pernah mencoba untuk menghubungkan perangkat-perangkat tersebut ke komputer.
Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengalaman dan pengetahuan awal peserta didik melalui tanya jawab tentang perangkat Input-Output.
Guru membagi siswa dalam kelompok sesuai jumlah perangkat input-output.
Masing-masing kelompok untuk mendapatkan setiap perangkat input output untuk didiskusikan.
Masing-masing kelompok melakukan mendiskusikan seputar topik berikut ini:
Apa fungsi perangkat tersebut?
Merek-merek apa yang terkenal di pasaran? Mengapa?
Jika ingin membeli, apa yang harus dipertimbangkan, mengapa?
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi.
Guru mengomentari presentasi siswa dan menekankan point-point penting.
Guru bersama peserta didik melakukan diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.
Guru memberikan pengembangan konsep
Guru membimbing peserta didik merangkum hasil pembelajaran
Guru memberikan tugas:
Siswa ditugaskan untuk mencari kliping perangkat input-output terbaru yang ada dipasaran, teknologi apa yang digunakan, kelebihan, harga dan sebagainya.
Pertemuan Keempat
Kegiatan Pendahuluan
Guru mengumpulkan tugas siswa.
Guru membahas hasil-hasil kliping yang memuat perangkat input output terbaru di pasaran.
Guru bertanya apakah siswa pernah melihat komputer yang terhubung dalam jaringan atau Internet.
Guru bertanya apakah siswa pernah melihat orang duduk di Mall sambil membuka laptop dan bermain Internet. Bagaiman laptop bisa terhubung ke internet di Mall padahal tidak ada kabel penghubung.
Guru bertanya jika ingin menghubungkan komputer dalam jaringan dan Internet apa saja yang dibutuhkan.
Kegiatan Inti
Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengalaman dan pengetahuan awal peserta didik melalui tanya jawab tentang perangkat jaringan dan Internet.
Guru membagi siswa dalam kelompok
Masing-masing kelompok untuk mendapatkan setiap perangkat jaringan dan Internet (dua kelompok berbeda dapat membahas perangkat yang sama jika jumlah kelompok banyak).
Masing-masing kelompok melakukan mendiskusikan seputar topik berikut ini:
Bagaimana laptop bisa terhubung ke Internet di Mall. Apa saja perangkat yang dimilikinya?
Jika kita membawa PC ke Mall, apakah kita bisa juga terhubung ke Internet? Apa perangkat yang kita butuhkan.
Apa fungsi perangkat tersebut?
Merek-merek apa yang terkenal di pasaran? Mengapa?
Jika ingin membeli, apa yang harus dipertimbangkan, mengapa?
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi.
Guru mengomentari presentasi siswa dan menekankan point-point penting.
Kegiatan penutup
Guru bersama peserta didik melakukan diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.
Guru memberikan pengembangan konsep
Guru membimbing peserta didik merangkum hasil pembelajaran
Pertemuan Kelima
Kegiatan Pendahuluan
Guru bertanya seandainya kita ingin membeli sebuah komputer, apa saja spesifikasi yang harus ditentukan.
Apa saja perangkat yang harus dibeli.
Kegiatan Inti
Guru membagikan/menunjukkan kertas yang berisi gambar-gambar perangkat keras komputer (chassing, input-output, jaringan dan Internet).
Siswa diminta untuk menentukan gambar apakah gambar tersebut dan menuliskan fungsinya apa?
Guru mengomentari pekerjaan siswa, dan menentukan jawaban. Bagaimana mengenali gambar-gambar perangkat keras komputer (misalnya, untuk VGA Card dan LAN Card, kita dapat bedakan dari plug yang ada di kartu tersebut).
Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok.
Dilakukan debat antar kelompok:
Kegiatan penutup
Guru bersama peserta didik melakukan diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.
Guru memberikan pengembangan konsep
Guru membimbing peserta didik merangkum hasil pembelajaran
Sumber Belajar
Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi jilid 1 untuk Kelas VII, Henry Pandia, Penerbit Erlangga, Jakarta 2007.
Penilaian Hasil Belajar
Teknik penilaian
Tes tertulis
Keaktifan saat diskusi dan debat
Bentuk instrumen
PG dan isian singkat
Daftar penilaian diskusi/debat
Kompetensi Dasar : 3.2 Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi
3.3 Memahami kegunaan dari beberapa program aplikasi
Indikator :
Mengindentifikasi bagian-bagian jendela perangkat lunak pengolah kata
Mengindentifikasi bagian-bagian jendela perangkat lunak pengolah angka
Mengindentifikasi bagian-bagian jendela perangkat lunak presentasi
Mengindentifikasi bagian-bagian jendela perangkat lunak antivirus
Menjelaskan kegunaan perangkat lunak pengolah kata
Menjelaskan kegunaan perangkat lunak pengolah angka
Menjelaskan kegunaan perangkat lunak presentasi
Menjelaskan kegunaan perangkat lunak antivirus
Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran (4 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa mengenal berbagai perangkat lunak pengolah kata
Siswa mengenal bagian-bagian jendela Word dan fungsi-fungsinya.
Siswa mengenal berbagai perangkat lunak pengolah angka
Siswa mengenal bagian-bagian jendela Excel dan fungsi-fungsinya.
Siswa mengenal berbagai perangkat lunak presentasi
Siswa mengenal bagian-bagian jendela PowerPoint dan fungsi-fungsinya.
Siswa mengenal dan memahami apa yang dimaksud dengan perangkat lunak antivirus
Siswa memahami fungsi dari perangkat lunak antivirus.
Siswa mampu menginstal antivirus.
Materi Pembelajaran
Perangkat lunak pengolah kata
Perangkat lunak pengolah angkat
Perangkat lunak presentasi
Perangkat lunak antivirus
Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : Pembelajaran Langsung (D.J.)
Pembelajaran Kooperatif (C.L.)
Metode : Diskusi Kelompok
Demonstrasi
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan Pendahuluan
Guru menunjukkan beberapa contoh dokumen Word dan Excel
Guru bertanya, bagaimana membuat dokument tersebut dan apa perangkat lunak yang dibutuhkan
Kegiatan Inti
Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan atau tanya jawab tentang perangkat lunak pengolah kata dan angka.
Guru mendemonstrasikan bagaimana menggunakan Word untuk membuat dokumen. Menunjukkan beberapa fasilitas yang ada.
Guru mendemonstrasikan bagaimana menggunakan Excel untuk membuat dokumen. Menunjukkan beberapa fasilitas yang ada.
Siswa dibagi dalam kelompok.
Siswa mendiskusikan topik-topik berikut ini:
Perangkat lunak pengolah kata dan angka yang ada saat ini
Kelebihan/fasilitas yang dimiliki oleh masing-masing perangkat lunak pengolah kata dan angka tersebut.
Mengapa fasilitas tersebut dianggap penting.
Apa yang harus menjadi pertimbangan untuk memilih sebuah perangkat lunak pengolah kata dan angka.
Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok.
Kegiatan penutup
Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan untuk keseluruhan diskusi yang sudah dilakukan.
Guru memberikan pengembangan konsep
Guru membimbing siswa membuat rangkuman hasil pembelajaran
Guru memberikan penghargaan pada kelompok terbaik
Pertemuan Kedua
Kegiatan Pendahuluan
Guru menunjukkan beberapa contoh dokumen presentasi.
Guru bertanya, bagaimana membuat dokument tersebut dan apa perangkat lunak yang dibutuhkan
Kegiatan Inti
Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan atau tanya jawab tentang perangkat lunak presentasi.
Guru mendemonstrasikan bagaimana menggunakan PowerPoint untuk membuat dokumen. Menunjukkan beberapa fasilitas yang ada.
Siswa dibagi dalam kelompok.
Siswa mendiskusikan topik-topik berikut ini:
Perangkat lunak pengolah presentasi yang ada saat ini
Kelebihan/fasilitas yang dimiliki oleh masing-masing perangkat lunak pengolah presentasi tersebut.
Mengapa fasilitas tersebut dianggap penting.
Apa yang harus menjadi pertimbangan untuk memilih sebuah perangkat lunak presentasi.
Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok.
Guru kemudian membaca artikel atau berita seputar virus komputer.
Guru menanyakan apakah siswa pernah melihat komputer yang terkena virus.
Guru kemudian menunjukkan cara menginstal dan menggunakan perangkat lunak antivirus.
Guru memimpin diskusi seputar antivirus:
Kegiatan penutup
Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan untuk keseluruhan diskusi yang sudah dilakukan.
Guru memberikan pengembangan konsep
Guru membimbing siswa membuat rangkuman hasil pembelajaran
Pertemuan Ketiga
Kegiatan Pendahuluan
Guru menunjukkan sebuah gambar jendela Word dan Excel, dan bertanya, apa saja bagian-bagian jendela Word dan Excel.
Kegiatan Inti
Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui tanya jawab tentang jendela Word dan Excel.
Guru membagi siswa dalam kelompok dua atau tiga orang.
Masing-masing kelompok diberi kertas yang berisi gambar jendela Word dan Excel (File 101).
Setiap kelompok diberi satu komputer.
Setiap kelompok diminta untuk menentukan nama tombol-tombol dan bagian-bagian Word dan Excel. Membuat daftar perintah yang ada disetiap menu dan fungsi perintah tersebut.
Kelompok dengan hasil paling banyak adalah yang terbaik.
Guru memeriksa hasil pekerjaan siswa.
Kegiatan penutup
Guru memberikan kesimpulan.
Guru memberikan pengembangan konsep
Guru membimbing siswa untuk merangkum hasil pembelajaran
Pertemuan Keempat
Kegiatan Pendahuluan
Guru menunjukkan sebuah gambar jendela PowerPoint dan Antivirus, dan bertanya, apa saja bagian-bagian jendela PowerPoint dan Antivirus.
Kegiatan Inti
Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui tanya jawab tentang jendela PowerPoint dan Antivirus.
Guru membagi siswa dalam kelompok dua atau tiga orang.
Masing-masing kelompok diberi kertas yang berisi gambar jendela PowerPoint dan Antivirus (File 102).
Setiap kelompok diberi satu komputer.
Setiap kelompok diminta untuk menentukan nama tombol-tombol dan bagian-bagian PowerPoint dan Antivirus. Membuat daftar perintah yang ada disetiap menu dan fungsi perintah tersebut.
Kelompok dengan hasil paling banyak adalah yang terbaik.
Guru memeriksa hasil pekerjaan siswa.
Kegiatan penutup
Guru memberikan kesimpulan.
Guru memberikan pengembangan konsep
Guru membimbing siswa untuk merangkum hasil pembelajaran
Sumber Belajar
Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi jilid 1 untuk Kelas VII, Henry Pandia, Penerbit Erlangga, Jakarta 2007.
Penilaian Hasil Belajar
Teknik penilaian
Tes tertulis
Pengamatan kinerja
Bentuk instrumen
PG dan isian singkat
Daftar penilaian keaktifan siswa
Kompetensi Dasar : 3.4 Mempraktikkan satu program aplikasi
Indikator :
Menjalankan dan menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk membuat dokumen
Menjalankan dan menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk membuat dokumen
Menjalankan Windows Explorer untuk manajemen file
Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran (6 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu menjalankan dan membuat dokumen sederhana di Word.
Siswa mampu menyimpan dokumen yang dibuat di Word.
Siswa mampu menjalankan dan membuat dokumen sederhana di Excel.
Siswa mampu memasukkan data di Excel dengan cara yang efisien.
Siswa mampu menyimpan dokumen yang dibuat di Excel.
Siswa mampu menggunakan Windows Explorer untuk manajemen file di komputer.
Siswa mengenal dan mampu menjalankan teknik-teknik manajamen file.
Siswa mampu mencari file tertentu.
Siswa mampu mencari file yang mengandung kata tertentu
Materi Pembelajaran
Membuat dan menyimpan dokumen di Word
Membuat dan menyimpan dokumen di Excel
Manajemen file menggunakan Windows Explorer
Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : Pembelajaran Langsung (D.J.)
Pembelajaran Kooperatif (C.L.)
Metode : Demonstrasi
Praktikum
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan Pendahuluan
Guru menunjukkan sebuah dokumen sederhana bagaimana cara membuat dokumen tersebut. Perangkat lunak apa yang perlu digunakan.
Kegiatan Inti
Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan atau tanya jawab tentang perangkat lunak pengolah kata.
Guru menunjukkan dokumen sederhanya dan menyampaikan beberapa hal tentang dokumen tersebut. Pengaturan jenis huruf, ukuran huruf, bentuk huruf, paragraf, spasi dan margin.
Guru mendemostrasikan cara menjalankan Word dan membuat serta menyimpan dokumen.
Guru menjelaskan praktikum dan menunjukkan hasil dari praktikum.
Siswa melakukan praktikum Modul 8.
Siswa membagikan pengalaman praktikum.
Guru memeriksa dan memberi komentar kinerja dan hasil praktikum.
Kegiatan penutup
Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan untuk praktikum yang sudah dilakukan.
Guru memberikan pengembangan konsep
Guru membimbing siswa membuat rangkuman hasil pembelajaran
Pertemuan Kedua
Kegiatan Pendahuluan
Guru menunjukkan sebuah dokumen bagaimana cara membuat dokumen tersebut. Perangkat lunak apa yang perlu digunakan.
Guru memberi komentar dan saran atas praktikum sebelumnya.
Kegiatan Inti
Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan atau tanya jawab tentang perangkat lunak pengolah kata.
Guru menunjukkan dokumen sederhanya dan menyampaikan beberapa hal tentang dokumen tersebut. Pengaturan jenis huruf, ukuran huruf, bentuk huruf, paragraf, spasi dan margin.
Guru menjelaskan praktikum.
Siswa melakukan praktikum Modul 9.
Siswa membagikan pengalaman praktikum.
Guru memeriksa dan memberi komentar kinerja dan hasil praktikum.
Kegiatan penutup
Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan untuk praktikum yang sudah dilakukan.
Guru memberikan pengembangan konsep
Guru membimbing siswa membuat rangkuman hasil pembelajaran
Pertemuan Ketiga
Kegiatan Pendahuluan
Guru menunjukkan sebuah dokumen sederhana (hasil Excel) bagaimana cara membuat dokumen tersebut. Perangkat lunak apa yang perlu digunakan.
Kegiatan Inti
Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan atau tanya jawab tentang perangkat lunak pengolah angka.
Guru menunjukkan dokumen sederhanya dan menyampaikan beberapa hal tentang dokumen tersebut. Pemasukan data, perhitungan dan sebagainya.
Guru mendemostrasikan cara menjalankan Excel dan memasukkan data serta menyimpan dokumen.
Guru menjelaskan praktikum dan menunjukkan hasil dari praktikum.
Siswa melakukan praktikum Modul 10.
Siswa membagikan pengalaman praktikum.
Guru memeriksa dan memberi komentar kinerja dan hasil praktikum.
Kegiatan penutup
Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan untuk praktikum yang sudah dilakukan.
Guru memberikan pengembangan konsep
Guru membimbing siswa membuat rangkuman hasil pembelajaran
Pertemuan Keempat
Kegiatan Pendahuluan
Guru menunjukkan sebuah dokumen bagaimana cara membuat dokumen tersebut. Perangkat lunak apa yang perlu digunakan.
Guru memberi komentar dan saran atas praktikum sebelumnya.
Kegiatan Inti
Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan atau tanya jawab tentang perangkat lunak pengolah angka.
Guru menunjukkan dokumen sederhana dan menyampaikan beberapa hal tentang dokumen tersebut. Pemasukan data, perhitungan dan menyimpan dokumen.
Guru menjelaskan praktikum.
Siswa melakukan praktikum Modul 11.
Siswa membagikan pengalaman praktikum.
Guru memeriksa dan memberi komentar kinerja dan hasil praktikum.
Kegiatan penutup
Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan untuk praktikum yang sudah dilakukan.
Guru memberikan pengembangan konsep
Guru membimbing siswa membuat rangkuman hasil pembelajaran
Pertemuan Kelima
Kegiatan Pendahuluan
Guru menunjukkan sebuah dokumen bagaimana cara membuat dokumen tersebut. Perangkat lunak apa yang perlu digunakan.
Guru memberi komentar dan saran atas praktikum sebelumnya.
Kegiatan Inti
Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan atau tanya jawab tentang perangkat lunak pengolah angka.
Guru menunjukkan dokumen sederhana dan menyampaikan beberapa hal tentang dokumen tersebut. Pemasukan data, perhitungan dan menyimpan dokumen.
Guru menjelaskan praktikum.
Siswa melakukan praktikum Modul 12.
Siswa membagikan pengalaman praktikum.
Guru memeriksa dan memberi komentar kinerja dan hasil praktikum.
Kegiatan penutup
Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan untuk praktikum yang sudah dilakukan.
Guru memberikan pengembangan konsep
Guru membimbing siswa membuat rangkuman hasil pembelajaran
Pertemuan Keenam
Kegiatan Pendahuluan
Guru bertanya, apa yang terjadi jika kita lupa di folder mana kita menyimpan sebuah file.
Apa yang harus dilakukan jika kita lupa nama filenya.
Kegiatan Inti
Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan atau tanya jawab tentang manajemen file.
Guru menjelaskan bahwa semakin lama kita bekerja dengan komputer, semakin banyak file yang disimpan.
Guru mendemostrasikan cara menjalankan Windows Explorer dan menggunakannya untuk mengatur file.
Guru mendemostrasikan cara membuat, menghapus dan memindahkan folder.
Guru mendemostrasikan cara mencari file.
Guru menjelaskan praktikum.
Siswa melakukan praktikum Modul 13.
Siswa membagikan pengalaman praktikum.
Guru memeriksa dan memberi komentar kinerja dan hasil praktikum.
Kegiatan penutup
Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan untuk praktikum yang sudah dilakukan.
Guru memberikan pengembangan konsep
Guru membimbing siswa membuat rangkuman hasil pembelajaran
Sumber Belajar
Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi jilid 1 untuk Kelas VII, Henry Pandia, Penerbit Erlangga, Jakarta 2007.
Penilaian Hasil Belajar
Teknik penilaian
Tes tertulis
Kinerja saat praktikum.
Bentuk instrumen
PG dan isian singkat
Daftar penilaian saat diskusi
0 komentar:
Posting Komentar